Benda yang bukan hak nya

author

(Sumber Gambar : Aslibumiayu.net , diakses pada tanggal 6 januari 2019)

Bismillah...

Tulisan ini ditujukan kepada saya sendiri, guna memberikan teguran bagi saya pribadi dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Tidak ada unsur menyinggung orang lain, Karena saya juga pasti memiliki kesalahan yang sama dengan orang lain atau bahkan lebih banyak dari orang lain. Semoga Allah mengampuni kita terhadap seluruh kesalahan yang telah kita perbuat selama ini. Amiin

Melupakan hak orang lain berupa benda tanpa antum sadari sering antum lakukan sebelumnya terutama saya pribadi. Bagaimana hal tersebut bisa terjadi?. Tidak meminta izin dalam menggunakan benda tersebut merupakan salah satu tindakan mencuri tanpa disadari diri antum pribadi. Walaupun benda yang antum gunakan tidak berkurang bentuk fisiknya setelah antum gunakan. Selintas pikiran saya mengatakan "Ah, tidak apa apa, lagian ini gak rusak dan hilang kok. Kalau hilang dan rusak baru deh saya ganti". Pikiran tersebut merupakan pemikiran yang salah. Baiklah, sekarang jika langsung kepada kasusnya.

Pada sebuah Masjid, tempat wudhu dan sholat terpisah jauh, sehingga memerlukan alas kaki untuk pergi ke tempat wudhu. Kebetulan sekali antum menggunakan sepatu. Keraguan yang dimiliki antum adalah "apakah harus menggunakan sepatu sebagai pengganti sandal, tapi sepatu saya bakalan basah". Lalu Antum mencari cara untuk menuju tempat wudhu agar sepatu yang antum miliki tidak basah. Lalu antum pun memakai sandal yang ada disekitaran masjid untuk mengambil wudhu. Dan bepikir bahwa "Saya pakai sajalah, lagian orang yang punya sandal juga akan dapat pahala wudhu". Pemikiran ini salah, sangat salah besar. Bepikir untuk kepentingan pribadi dan menutupinya dengan sebuah tindakan yang menurutnya baik. Sekarang kita evaluasi, apa yang salah dalam hal tersebut:

1. Menggunakan sandal yang bukan fasilitas umum (milik orang lain) untuk kepentingan pribadi. Wahai saudaraku, pernahkah terpikirkan bahwa antum ini sangat egois. Lebih memilih punya orang lain mendapatkan akibatnya dari pada punya antum. Belum tentu juga si pemilik sandal menyukai atau rela jika sandal yang dimilikinya basah. Dan yang lebih terpenting dari ini semua adalah apabila si pemilik sandal tidak ikhlas, maka itu akan menjadi pertanggung jawaban antum kelak di akhirat.

2. Mencuri hak orang lain. Sekarang jika kita berfikir semisal, sandal tersebut memiliki umur 2 tahun, apabila lebih dari 2 tahun maka sandal tersebut akan rusak. Dan antum mengambil hak tersebut yang dimiliki oleh sipemilik sandal, tanpa sepengetahuan beliau?. Apakah itu masih dikatakan tidak mencuri?. Baiklah jika masih terpikirkan bahwa itu masih belum masuk diakal, sekarang kita berpikir berbeda. Jika orang menggunakan uang orang lain tanpa izin apakah itu termasuk mencuri? Jawabannya pasti yaitu "ya". Sekarang kita lihat fungsi dari uang, yaitu sebagai nilai tukar. Okay, karena kita menggunakan uang tersebut sesuai dengan fungsinya tanpa izin apakah itu termasuk mencuri? Jawaban yang sama "ya". Sekarang kita kembali ke sandal yang kita anggap remeh. Fungsi dari sandal sebagai alas dari kaki, agar tidak mengotori telapak kaki. Baiklah, sekarang antum memakai sandal untuk wudhu dengan memanfaatkan fungsinya walaupun hanya 5 menit. Apakah itu mencuri?. Ya. Apabila masih terpikirkan bahwa "kan hanya sebentar saja", baiklah jika antum mengambil uang 1000 rupiah dari dalam dompet teman antum yang berisikan uang 1 juta rupiah, apakah itu termasuk perbuatan mencuri?. Jawabannya adalah "Ya". Wahai saudaraku, jangankan menggunakan sandal tanpa izin, antum tinjak sandal orang lain saja bisa dikatakan mendholimi orang lain. Dan itu akan diminta pertanggung jawaban kelak walaupun itu kecil.

“Apakah manusia mengira, bahwa ia akan dibiarkan begitu saja (tanpa pertanggung jawaban)?” (QS. Qiyamah: 36)

Banyak benda benda yang seharusnya milik hak orang lain, tanpa kita sadari kita ambil hak tersebut.

Wahai saudaraku, jangan anggap remeh segala sesuatu. Mulai dari sekarang kita harus berhati hati dalam bertindak. Jangan mementingkan kepentingan kita sendiri, tapi lihatlah efek apa yang akan didapatkan orang lain jika kita melakukan sesuatu.Tujuannya adalah agar tidak membuat dosa jariyah yang akan memasukkan kita kedalam neraka Allah S.W.T. Semoga apa yang kita lakukan selama ini, yang mengundang murka allah, diampuni oleh Allah S.W.T.

Semoga allah mengampuni apabila ada kesalahan dalam penulisan ini.


Creator : Bagus Kurniawan




Choose your Reaction!
guy rocket
arrow