MaasyaaAllah, atau Subhanallah?

author

Mana ungkapan yang tepat?

“MaasyaaAllaah, pemandangannya indah banget!”

Atau

“Subhanallah, pemandangannya indah banget!”

Memang benar, alangkah baiknya jika kita merasa terkagum akan keindahan sesuatu, kita langsung teringat kepada Sang Pencipta, dengan mengucapkan kalimah thoyyibah (kata-kata yang baik). Namun banyaknya macam dari kalimah thoyyibah tersebut terkadang membuat kita keliru dalam memadankannya dengan situasi yang ada. Misalnya pada contoh ungkapan di atas. Kalau sobat pergi ke suatu tempat lalu melihat pemandangan yang sangat indah, apa yang biasanya sobat ucapkan?

Semuanya memiliki makna yang baik, namun tahukah sobat? Ternyata masing-masing dari kalimah thoyyibah tersebut memiliki penempatan tersendiri untuk mengucapkannya.

Allah berfirman dalam surat An-Nur ayat 16,

وَلَوْلا إِذْ سَمِعْتُمُوهُ قُلْتُمْ مَا يَكُونُ لَنَا أَنْ نَتَكَلَّمَ بِهَذَا سُبْحَانَكَ هَذَا بُهْتَانٌ عَظِيمٌ

Dan mengapa kamu tidak berkata, di waktu mendengar berita bohong itu: “Sekali-kali tidaklah pantas bagi kita memperkatakan ini. Maha Suci Engkau (Ya Tuhan kami), ini adalah dusta yang besar.

Seperti yang dijelaskan oleh muslim.or.id, dalam ayat tersebut bisa dilihat bahwa terdapat kata Subhaanaka yang artinya Maha Suci Engkau (Allah SWT), beriringan dengan dusta yang besar, yang berarti suatu hal yang bertentangan dengan syari’at atau kebaikan lainnya. Dengan kata lain, dapat dimaknai bahwa ungkapan Subhanallah itu digunakan untuk memuliakan, memuji, dan mengagungkan Allah terhadap kemungkaran, atau hal-hal yang dusta yang bertentangan dengan sifat-sifat Allah.

Sedangkan arti dari MaasyaaAllah, setelah dijabarkan dan dimaknai dalam bahasa Indonesia adalah, “Inilah yang dikehendaki oleh Allah”, atau “Apa yang dikehendaki oleh Allah, itulah yang akan terjadi”. Maka dari itu, ungkapan ini tepat digunakan ketika kita melihat bukti kebesaran dan kekuasaan Allah yang menakjubkan, dengan penuh kesadaran bahwa hal tersebut semata-mata terjadi karena kuasa Allah.

Nah, sekarang sudah lebih paham ‘kan, Sob? Jadi jangan sampai keliru ya dalam mengucapkan kalimah thoyyibah ketika kita dihadapkan dengan suatu hal. Tapi yang lebih penting, apapun yang terjadi di setiap waktu kita, jangan lupa untuk dzikrullah, selalu mengingat Allah agar Allah juga mengingat kita dan melimpahkan kasih sayang-Nya kepada kita semua. Aaamiin.

Wallahu a’lam bishshawaab

 

-han

Choose your Reaction!
guy rocket
arrow