Macam-macam Puasa dan Kenikmatannya

author

Assalamualaikum sobat! Duh ngga kerasa yah ini udah hari ke- puasa di Bulan Ramadhan. Gimana masih semangat gak nih? Pasti masih dong. Kalau mulai kendor semangat puasanya mulai inget inget lagi nih perintah Allah untuk menjalankan puasa sebagaimana yang tercantum didalam surat Al-Baqarah ayat 183:


يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kalian agar kamu bertakwa” (QS. Al Baqarah: 183)


Pasti pengen dong jadi manusia yang bertakwa??? Apa sih arti dari puasa itu? Sebetulnya ada macam-macam puasa yang masing-masing memiliki kenikmatan tersendiri, meskipun bermacam-macam tapi satu sama lainnya saling berkesinambungan dan wajib kita laksanakan semuanya. Siapa nih yang puasanya masih sekedar menahan diri dari makanan dan minuman aja? Puasa jenis ini dinamakan puasa syariat. Puasa syariat adalah menahan diri dari segala macam makanan dan minuman dari waktu fajar hingga terbenam matahari. Kenikmatan berpuasa seperti ini bisa kita rasakan ketika berbuka dan saat hari raya. Lalu ada juga puasa tarekat, yaitu menahan semua anggota tubuh dari hal-hal yang diharamkan, terlarang, dan tercela, seperti ujub, sombong, pelit, dan lain-lain baik secara lahir maupun batin. Alangkah lebih baik nya di bulan Ramadhan ini selain menahan diri dari nafsu untuk makan dan minum, kita juga menahan nafsu untuk tidak melakukan hal-hal yang diharamkan.

        “Berapa banyak orang puasa yang tidak ada apa-apa baginya dari puasanya itu selain lapar” (HR. Tirmidzi)

Itulah sebabnya muncul ungkapan, “Berapa banyak orang yang berpuasa, tetapi sebenarnya berbuka, dan berapa banyak orang yang berbuka tapi sebenarnya berpuasa”. Maksud dari ungkapan ini banyak orang yang berpuasa menahan lapar dan haus tetapi masih melakukan dosa. Mulai sekarang coba deh lakukan hal-hal yang positif dan mulai belajar untuk mengendalikan hawa nafsu. Tapi ingat juga sobat, puasa ini jangan dilakukan ketika bulan Ramadhan saja tapi juga sepanjang hidup kita, karena puasa tarekat dilakukan selamanya selama kita hidup. Kenikmatan puasa ini berupa surga dan melihat Allah.

Satu lagi nih Sob yang paling penting, yang wajib banget kita lakuin adalah puasa hakikat. Puasa hakikat adalah menahan fuad dari rasa cinta kepada semua selain Allah, dan menahan sirri dari kesukaan untuk melihat selain Allah. Orang yang melakukan puasa ini hatinya tidak akan condong kepada apapun selain Allah swt, hatinya hanya memiliki kecintaan, kesukaan, dan keinginan hanya pada Allah swt. Batalnya puasa hakikat adalah ketika muncul rasa cinta atau rasa suka kepada selain Allah swt. Untuk mengganti puasa hakikat (qadha) adalah dengan kembali kepada Allah swt. Kenikmatan puasa hakikat adalah kita bisa berjumpa dengan Allah swt di akhirat nanti, masyaAllah.

Gimana Sob? Mulai luruskan lagi yah niat nya. Meskipun terasa sulit bagi kita, tapi dengan mencoba sedikit demi sedikit insyaAllah kita bisa melakukannya. Mulai di Bulan Ramadhan ini yuk kita berubah, jangan cuma nahan lapar sama haus doang tapi tahan nafsu dan emosi juga dan mulai mencintai Allah swt, ngelakuin semuanya hanya karena Allah swt JJ.


 Sumber: Sirrul Asrar The Secret of Secrets Menemukan Hakikat Allah oleh Syekh Abdul Qadir Al-Jailani

Choose your Reaction!
guy rocket
arrow