Menyikapi hal buruk

author

Guys, pernahkah terjadi hal buruk dalam hidup kalian? Tentu saja pernah. 

Siapa yang sering kalian salahkan atas hal buruk itu? Tuhan? Keadaan? Atau diri kalian sendiri?

Tuhan jelas tidak salah. Segala sesuatu yang Allah swt berikan pada kita adalah segala sesuatu yang baik menurutNya.  Hanya saja kadang kita menganggap sesuatu yang tidak sesuai dengan keinginan kita adalah hal yang buruk.

وَعَسَى أَنْ تَكْرَهُوا شَيْئًا وَهُوَ خَيْرٌ لَكُمْ وَعَسَى أَنْ تُحِبُّوا شَيْئًا وَهُوَ شَرٌّ لَكُمْ وَاللَّهُ يَعْلَمُ وَأَنْتُمْ لَا تَعْلَمُونَ

Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu; Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui.” (QS. Al-Baqarah: 216).

Berterima kasih lah pada Allah swt jika keinginanmu tidak diwujudkan karena bisa jadi keinginan itu justru buruk bagimu. Boleh jadi juga keinginan itu tidak tepat diwujudkan sekarang, tapi mungkin besok, lusa, minggu depan, atau tahun depan hanya Allah yang tahu.

Tidak jarang juga kita menyalahkan diri sendiri atas apa yang terjadi. Mungkin memang benar, bahwa apa yang terjadi pada kita adalah akibat perbuatan kita sendiri. Tak akan ada asap jika tak ada api. Namun, apakah menyalahkan diri sendiri adalah hal yang tepat? Apa bisa menyelesaikan masalah? Apa itu akan membuat kita menjadi lebih tenang? Terus menyalahkan diri sendiri hanya akan membuat kita semakin terpuruk, semakin jatuh. 

Lalu apa yang seharusnya dilakukan? Maafkanlah dirimu. Maafkan kesalahanmu dan bangkit. Perbaiki kesalahan-kesalahan yang pernah kau perbuat. Maafkan masa lalumu. Ikhlaskan semua. Percayalah bahwa yang terjadi adalah yang terbaik untuk hidupmu. Sesuatu yang akan membuatmu lebih kuat. Hargai dirimu karena sudah tetap bertahan.



Baca selengkapnya https://muslim.or.id/27649-ketetapan-allah-adalah-yang-terbaik.html

Choose your Reaction!
guy rocket
arrow