Minum juga harus sambil duduk ya?

author

Apa cuma makan aja yang harus sambil duduk dan pake tangan kanan? Ternyata engga loh, minum pun harus sambil duduk dan pakai tangan kanan! Kenapa sih minum harus sambil duduk juga? Selain sebagai sunah Rasulullah yang harus kita contoh, sebagaimana dari Anas dan Qatadah, Rasulullah SAW bersabda : โ€œSesungguhnya beliau melarang seseorang minum sambil berdiri, Qotadah berkata: โ€Bagaimana dengan makan?โ€ Beliau menjawab: โ€œItu lebih buruk lagiโ€ (HR. Muslim dan Turmidzi) ternyata menurut hasil penelitian minum sambil duduk itu memberikan banyak manfaat buat tubuh kita loh. Beberapa manfaat minum sambil duduk, yaitu menyehatkan pencernaan karena minuman yang kita minum akan turun dengan lembut dan perlahan menuju usus, terhindar dari penyakit asam lambung karena tidak terjadi reflux lambung ketika minum sambil duduk, tubuh menjadi lebih segar (haus lebih cepat hilang) karena air diserap sedikit demi sedikit oleh tubuh sedangkan ketika minum sambil berdiri rasa haus sulit hilang, mampu mengencerkan kadar asam dalam tubuh, dan masih banyak lagi manfaat lainnya.


Ko bisa yah minum sambil duduk memberikan banyak manfaat bagi kesehatan? Dr. Ibrahim Ar-Rawi mengatakan bahwa ketika kita berdiri tubuh kita dalam keadaan tertekan dan penyeimbang syarafnya menjadi sangat aktif, sehingga syaraf tersebut melakukan kontrol aktif terhadap seluruh organ manusia. Ketika kalian makan atau minum sambil berdiri tubuh bekerja dalam keadaan maksimal untuk menjaga keseimbangan dan mempertahankan posisi badan dalam keadaan stabil dan sempurna, sedangkan dalam keadaan duduk badan menjadi lebih tenang, tidak tegang, sistem syaraf rileks, sehingga tubuh menjadi lebih siap untuk mencerna makanan dan minuman. Banyak sekali manfaat minum sambil duduk, tidak salah jika Rasulullah menganjurkan kita untuk makan dan minum sambil duduk.


Abu Hurairah menuliskan bahwa Rasulullah SAW bersabda:


ู„ุงูŽ ูŠูŽุดู’ุฑูŽุจูŽู†ูŽู‘ ุฃูŽุญูŽุฏูŒ ู…ูู†ู’ูƒูู…ู’ ู‚ูŽุงุฆูู…ู‹ุง ููŽู…ูŽู†ู’ ู†ูŽุณูู‰ูŽ ููŽู„ู’ูŠูŽุณู’ุชูŽู‚ูุฆู’


โ€œJanganlah seorang di antara kalian minum sambil berdiri. Barang siapa yang lupa hal itu, hendaklah ia memuntahkannya.โ€ (HR. Muslim no. 2026)


Nah mulai sekarang jangan cuma makan aja yah yang sambil duduk, tapi diusahakan minum juga harus sambil duduk. Karena makan dan minum sambil duduk merupakan adab yang dianjurkan oleh Islam. Selain itu, makan dan minum sambil duduk lebih sopan, lebih sehat, dan lebih baik karena sesuai dengan anjuran Rasulullah SAW.


Sumber: dalamislam.com

Choose your Reaction!
guy rocket
arrow