Muslimah Harus Cantik?

author

Siapa yang tidak suka dengan keindahan? Tentunya hampir semua orang suka memanjakan matanya untuk melihat sesuatu yang indah dan menarik bukan?Tahukah kamu? Salah satu objek yang indah dan menarik itu adalah kita para kaum wanita.

Sejatinya, sifat dasar wanita itu suka dipandang, suka dipuji dan ingin menjadi pusat perhatian. Apalagi kalau yg dipuji itu berkaitan dengan fisiknya. "Ih kamu cantik banget ya" "putih banget sih" atau "kamu mirip artis deh, mulus banget wajahnya" dll..

Sekarang masalahnya, kalau standar kecantikan hanya dilihat dari fisik saja, bagaimana dengan wanita yang memang penampilannya biasa-biasa saja? Apakah mereka tidak cantik? Sungguh tidak adil rasanya. Kecantikan bukanlah suatu kebanggaan teman-teman. Karena kalian mendapatkannya tanpa usaha. Itu anugrah sekaligus ujian dari Allah untuk kita wahai wanita muslimah.

Lalu bagaimana yang dimaksud dengan cantik dalam pandangan islam?

1. Wanita yang baik akhlaknya
Ini adalah bagian terpenting yang harus dimiliki setiap wanita muslimah. Tak peduli seputih apapun dia, semulus apapun wajahnya, semancung apapun hidungnya, kalau ia enggan beribadah kepada Allah, kalau akhlaknya tidak mencerminkan yang diajarkan oleh Rasulullah Shallallahu'alaihi wassalam, maka dia belum pantas mendapat gelar wanita cantik dalam pandangan islam.

2. Wanita yang mampu menjaga auratnya
Aurat disini tidak hanya tentang kain yang membungkus kepala, tetapi mengenai pengamalan dari Qur'an Surah (Al-'Aĥzāb):59

" Hai Nabi, katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang mukmin: "Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka". Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak di ganggu. Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. "

Tentu maksud dari ayat ini adalah wanita muslim wajib menggunakan pakaian yang sesuai dengan syariat, yang longgar, tidak tipis, dan tidak menampakkan bagian tubuh termasuk halnya pergelangan tangan dan kaki yang masih sering dianggap remeh oleh para kaum hawa.

3. Yang mampu menjaga pandangan dan menjaga kehormatan.
Menjaga pandangan bukan hanya ditujukan kepada kaum adam saja, kaum hawa pun demikian.

"Katakanlah kepada wanita yang beriman: "Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan kemaluannya, dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya, kecuali yang (biasa) nampak dari padanya. " (An-nur :31)

Wanita muslimah, sudah seharusnya bisa menjaga diri dan kehormatannya. Selain itu, ia juga harus mampu menjaga dirinya dari pergaulan yang dianggap kurang baik ataupun sekedar membatasi interaksi yang dianggap kurang penting dan bisa menimbulkan fitnah ataupun benih-benih zina dengan para lelaki.

4. Tidak menampakkan kecantikannya
Keterangan az-Zajjaj,

التبرُّج: إِظهار الزِّينة وما يُستدعى به شهوةُ الرجل

“Tabarruj: menampakkan bagian yang indah (aurat) dan segala yang mengundang syahwat lelaki (bukan mahram)”. (Zadul Masir fi Ilmi at-Tafsir, 3/461).

Imam asy-Syaukani berkata, “At-Tabarruj adalah dengan seorang wanita menampakkan sebagian dari perhiasan dan kecantikannya yang (seharusnya) wajib untuk ditutupinya, yang mana dapat memancing syahwat (hasrat) laki-laki”. (Fathul Qadiir karya asy- Syaukani).

Berdasarkan ayat diatas, wanita dilarang mengumbar kecantikan seperti memakai make up, upload foto selfie di berbagai sosial media, bersuara mendesah sehingga mengundang syahwat lelaki, memakai parfum atau wewangian dan lain sebagainya yang bisa menarik nafsu kaum pria kepadanya.

5. Bersih dan rapih
"Sesungguhnya Allah swt. Itu baik, Dia menyukai kebaikan. Allah itu bersih, Dia menyukai kebersihan. Allah itu mulia, Dia menyukai kemuliaan. Allah itu dermawan ia menyukai kedermawanan maka bersihkanlah olehmu tempat-tempatmu. " (H.R. at –Tirmizi: 2723)

Tidak apik rasanya jika wanita muslim hanya berfokus pada perbaikan akhlak dan ibadahnya saja. Rajin ngaji, rajin puasa tapi jarang mandi, jarang sikat gigi, atau pakaiannya layaknya baru diperas sehabis dibilas, "lecek". Jadi, wanita muslim juga harus menjaga kebersihan diri dan juga kerapihannya. Tidak hanya yang ada pada dirinya, tapi juga di sekelilingnya.


Jadi, yang dimaksud muslimah harus cantik, bukan berarti kita harus sering-sering ke salon, sering maskeran, luluran, sering diet, atau sering ngedit foto pake filter B612, tapi yang dimaksud cantik disini adalah cantik secara menyeluruh baik dari dalam (akhlak) maupun dari luarnya (kebersihan dan kerapihan).

Wanita itu ibarat intan berlian dan intan berlian itu seharusnya dijaga dengan sebaik-baiknya. Dan tahukah kamu?
"Dunia adalah perhiasan, dan sebaik-baiknya perhiasan dunia adalah wanita sholehah. " H.R Muslim

YUK sama sama menjaga diri kita dan saudari-saudari

Choose your Reaction!
guy rocket
arrow